Senin, 21 September 2015

Rumah Minimalis tak berarti tanpa pencahayaan dan penghawaan alami



img : bestgarden.net

Desain rumah minimalis sedang tren. Ketika anda mengunjungi sebuah pameran perumahan maka anda akan mendapati begitu banyak rumah yang menggunakan konsep minimalis. Tidak semua rumah bagus, memang. Ada beberapa yang bagus dan yang lainnya cuma mengekor dari belakang atau kurang kuat spirit minimalisnya.

Saya tidak bisa menghakimi begitu saja bagus tidaknya sebuah rumah minimalis. Bagus buat saya belum tentu bagus buat orang lain. Pada akhirnya suka tidaknya seseorang pada desain rumah tertentu adalah masalah selera. Sedangkan masalah selera tidak bisa diperdebatkan. Maka dari itu terlalu egois jika saya mengharapkan semua rumah bertumbuh sesuai dengan keinginan saya sendiri.

Tapi ada satu hal yang prinsip dalam urusan desain rumah, yang menurut saya tidak bisa diganggu gugat yaitu pencahayaan dan penghwaan alami. Ini adalah roh dasar dari kenyaman sebuah rumah. Jika sekedar berbicara tentang kenyamanan mungkin selera orang bisa juga berbeda. Tetapi pencahayaan dan penghawaan alami merupakan nafas dari sebuah rumah. Tanpa penghawaan yang baik rumah serasa tidak bisa bernafas dengan benar. Tanpa pencahayaan alami yang baik maka rumah akan menjadi gelap dan lembab. Hal ini bisa juga dikatakan bahwa rumah itu SAKIT. Yang ujung-ujungnya akan berdampak pada kesehatan penghuninya.

Itulah mengapa setiap saya membuat sebuah denah rumah, yang menjadi perhatian pertama saya adalah bagaimana cahaya matahari bisa masuk leluasa dan bagaimana supaya sirkulasi udara bisa berjalan dengan lancar.

Untuk bisa mendapatkan pencahayaan alam yang baik maka harus disediakan bukaan yang memadai pada tiap-tiap ruang. Bukaan-bukaan itu harus berada di area yang mudah dijangkau oleh sinar matahari. Saya memfavoritkan Tadao Ando dalam bermain-main dengan sinar matahari. Dia bisa membuat siluet dan permainan gelap terang yang fantastic dalam sebuah ruang.

Untuk bisa mendapatkan penghawaan alami yang baik harus ada bukaan satu dengan lain yang terhubung, sehingga memungkinkan bagi udara untuk masuk  dan keluar dari rumah secara lancar.

ITUH!. Jadi tampilan fasad boleh saja berbeda selera, tetapi pencahyaan dan penghawaan alami tidak bisa dikompromikan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar